Rabu, 04 Desember 2013

Gadget, cara alternatif orang tua mengasuh anak?

hayooo siapa disini yang belum punya gadget? tenang aja sob, itu berarti hidup lo bahagia!
zaman sekarang gadget jadi 'buruan' semua kalangan masyarakat, kali ini kita bahas tentang pengaruh gadget untuk remaja terutama anak-anak. 


Anak-anak yang bermain gadget acap kali gue jumpai di lingkungan sekitar gue, sebenernya itu nggak baik untuk mereka lho! Kebanyakan orang tua, membelikan gadget kepada anak sebagai cara alternatif sebagai pengasuh mereka karena mereka tidak punya waktu luang untuk mengasuh anak. Namun, itu pilihan yang sangat salah untuk dipilih! anak-anak harusnya menikmati masa kecil mereka dengan bermain dan berinteraksi bersama teman sebaya. Selain itu, game yang ada di gadget mereka pun belum tentu baik, bisa saja ada unsur kekerasan, itu tidak baik untuk ditiru bukan? Bahkan, temen kakak gue bilang dia pernah menjumpai seorang anak yang tidak bisa berbicara, bukan karena dia bisu, melainkan karena orang tuanya terlalu sibuk dengan pekerjaan dan nggak sempat mengajak bermain anak. kasian banget kan? disini sebenernya peran orang tua yang sangat diperlukan. Orang tua perlu mengajak mereka berbicara, agar kelak mereka mudah bergaul juga. Bermain gadget sejak usia dini bisa membuat seseorang sulit berinteraksi di dunia nyata, mungkin karena faktor tidak percaya diri, dsb. Kemungkinan besar saat mereka semakin dewasa, mereka akan lebih suka menyendiri. Bahaya kan sob?  Percaya nggak percaya memang gitu adanya, jadi pemberian gadget sejak usia dini boleh-boleh saja, tapi sebaiknya jangan terlalu sering ya~ 


Pengalaman~
Tunggu, kalian ngerasa nggak sih orang tua kalian sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing? gue ngerasa sob, walaupun gue punya saudara tapi mereka juga sibuk sama dunia mereka sendiri, alhasil gue temenan sama gadget gue. Itulah pokok permasalahannya sob, main bersama gadget memang menyenangkan, tapi kalo tiap detik main gadget, itu mah parah! jadi ngegantungin diri sama gadget 
mulu, dikit-dikit gadget, dikit-dikit gadget, kapan mau bersosialisasinya? kalian yang masih 
muda juga perlu berinteraksi di dunia nyata. Karena itu diperlukan banget ketika kalian dewasa, kalo 
kalian lagi susah siapa yang nolongin? orang tua? kita nggak selamanya ngegantung diri sama orang 
tua. Hidup kalian tidak dipenuhi gadget saja! masih banyak hal menyenangkan yang bisa kalian 
nikmati, bahkan lebih seru dari pada permainan gadget sob. Jangan gengsi sob, enjoy the life aja!

Ini hanya opini gue ya, hehe^^
Paipai~

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar